Warholize your Photo!

finished.jpgKita semua tau poster popart-nya Andy Warhol. Iya, poster Marilyn Monroe yang empat buah itu, dengan warna-warna cemerlang dan genjreng. Nah, kali ini kita akan membuat gambar serupa, hanya dengan beberapa langkah saja. Ok. buka photosop anda, jangan lupa secangkir kopi dan playlist pilihan untuk menemani kita bermain-main kali ini.

Pada tutorial kali ini, kita akan bermain-main dengan mode layer multiply dan path editing yang akan sangat berguna untuk mewarnai gambar. mode layer ini banyak dipakai dalam pewarnaan komik, atau pewarnaan gambar-gambar yang bersifat blocking yang biasanya dipakai untuk pembuatan poster-poster atau reklame.

Ok, kita mulai saja.

Step 1. Posterize.

Kita siapkan dulu foto yang akan kita edit, paling bagus adalah memakai foto dgn background yg terang, untuk memudahlah kita dalam proses membuat seleksi.

fotodefault.jpg

Pertama-tama kita akan membuat layer untuk warna dasar gambar. Pada menu, pilih Layer – New – Layer, rename layer tersebut menjadi Base, dan warnai dengan warna putih ( Pada menu, edit – fill, atau Shit -F5 )

Masih pada panel layer, duplikasi gambar pada layer Background. select all ( ctrl – a, atau pada menu, select – all ) lalu pada menu, pilih Layer – New – Layer via copy. rename Layer baru tersebut sebagai Outline. Letakan layer tersebut keatas layer Base, rubah mode layer menjadi multiply dan Desaturate layer tersebut.

panellayebaser2.png

Setelah gambar pada layer outline menjadi grayscale, kita atur level pada gambar tersebut, pada menu, pilih image – adjustments – level. atur setting level pada panel tersebut untuk mengubah image menjadi kontras hitam dan putih. kurang lebih setting yang digunakan adalah seperti ini :

level_posterize.png

Dan gambar yang dihasilkan adalah seperti ini :

foto_poster.jpg

Step 2. Selection

Ada beberapa cara membuat selection. dengan menggunakan Lasso Tool untuk membuat seleksi yg simple, Polygonal Lasso Tool untuk membuat seleksi bersegi, Magnetic Lasso tool untuk seleksi yang cukup akurat pada gambar, atau menggunakan path ( pada panel Tools, dgn icon pena ), silakan mencoba membuat seleksi menggunakan tools yg disebutkan tadi. Kita akan menggunakan Path, untuk membuat seleksi yang presisi.

selections.png

pentools.png

Pembuatan path pada photoshop dilakukan dengan cara klik di satu titik, lalu klik di titik lainnya untuk membentuk garis. Apabila kita klik dan drag disatu titik, maka garis tersebut akan menjadi lengkungan.

path.jpg

Begitu selesai dengan path yang kita buat, klik kanan dan pilih make selection. maka path tersebut akan berubah menjadi seleksi seperti pada gambar berikut.

selected.jpg

Kita gunakan seleksi yang telah kita buat tadi untuk meng-copy bagian yang terseleksi dengan cara mengangkatnya ( Pada menu, Layer – New -Layer via copy ) drag layer baru tersebut ke bawah layer outline dan rename menjadi Face

layer03.png

Selanjutnya kita lakukan beberapa proses seleksi yang sama seperti diatas untuk mengambil bagian-bagian dari gambar untuk diwarnai. Pada gambar ini saya mengambil beberapa bagian saja seperti mata, bibit, rambut. Jangan lupa memberi nama layer-layer tersebut agar tidak membingungkan nantinya

layer003.png

Step 3. Coloring.

Sebelum kita mulai mewarnai, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Kita meletakan layer Outline paling atas dengan mode Multiply, karena pada mode multiply warna yang akan muncul hanyalah warna warna gelap saja. Jadi warna warna terang seperti putih tidak akan muncul. Kita akan mewarnai layer – layer dibawah layer outline tadi.

Lalu tiap layer yang akan diwarnai harus dikunci terlebih dahulu. Pada panel layer ada tombol lock. klik disitu untuk mengunci layer. Tujuannya adalah agar hanya bagian dari layer yang berisi gambar yang akan terwarnai dan bagian yang kosong tidak.

locked.png

Ok kita mulai mewarnai. Untuk mewarnai, pilih warna yang diinginkan terlebih dahulu pada bagian bawah toolbar, lalu pilih edit – fill. Atau dengan Shortcut yang lebih singkat yaitu Alt-del. Silahkan bereksperimen untuk mewarnai tiap layer dengan warna – warna yang berbeda.

coloring.jpg

Lakukan pewarnaan pada semua layer kecuali layer Outline yang paling atas tadi. Sambil mewarnai, kita bisa memperbaiki potongan -potongan gambar pada tiap tiap layer dengan menggunakan Polygonal Lasso Tools untuk memotong bagian – bagian yang dianggap tidak perlu. Caranya gampang, buat seleksi dan delete.

Ok. setelah diwarnai, hasilnya kurang lebih seperti ini

coloredone.jpg

Selesai? belum. Gambar jangan di flatten dulu. Poster keseluruhan ada empat gambar kan? Buat duplikat gambar tadi sebanyak 3 buah ( Pada menu : Image – Duplicate ). dan lakukan proses pewarnaan seperti barusan pada duplikat-duplikat gambar tadi, dengan komposisi warna yang berbeda.

4pic2.jpg

Step 4. Composition

Setelah kita sudah punya 4 gambar yang diperlukan, Sekarang kita satukan semua layer yang ada pada masing-masing gambar dengan cara flatten image ( pada menu, pilih Layer – Flatten image, atau Alt – L – F ). Lalu kita beri outline tipis berwarna hitam pada masing-masing gambar. Caranya, Select – All ( Ctrl A ) lalu pada menu, pilih edit-stroke. Jangan pilih garis yang terlalu tebal.

stroke.png

Sekarang buat file baru dengan dimension sebesar dua kali gambar yang telah kita buat tadi. Misal, gambar yang kita buat tadi memiliki dimensi 228 x 300px, maka file baru ini dibuat dengan ukuran 456 x 600px. Ini akan menjadi dasar untuk komposisi keempat gambar tadi. Untuk melihat ukuran dan dimensi gambar, pilih Image – image size pada menu atau Alt – i – i

Ini bagian paling menyenangkan dari seluruh proses.Kita akan menyatukan keempat gambar tadi kedalamnya. Cukup Select all, copy dan paste saja untuk memindahkan masing-masing gambar

copypaste.jpg

Terakhir, kita bisa tambahkan outline pada keseluruhan komposisi tadi, Select all -Edit – Stroke pada menu, silahkanatur ketebalan garis sesuai keinginan.

finished.jpg

Dan selesai! Horeeee
Saya menghabiskan waktu satu jam setengah untuk membuat gambar tadi, tetapi perlu 4 jam lebih untuk membuat tutorial ini…payah sekali…*jeduk2in kepala ke tembok*

Advertisements

~ by abiwara on September 20, 2007.

37 Responses to “Warholize your Photo!”

  1. ayo terusin tutorialnya… gag boleh pake bosyen… 😀
    gw gag pernah nih maen2 ginian di potosop. palingan cuma buat design webnya doang. tapi sekarang malah pake fireworks yang lebih menjurus… 😀

  2. :(( kenapa modelnya bukan sayah?

  3. test

    ini blognya abi?

    eof

  4. aih keren!

  5. ayo… posting terus yang beginian…

  6. asik bro. cuman nge-path nya pake Extrak ajah biar ptongannya gak tajem2 gtu. di corel trash jg bisa kayaknya…. ayo mana lg tutornya, ditunggu loh

  7. Wah Bi, gue cuman butuh 5 menit saja tuh untuk bikin warholize my photo dan tutorialnya.

    http://bighugelabs.com/flickr/warholizer.php
    1. Upload photo anda kemudian klik create.
    2. Whoa! photo anda sudah jadi.

    *kabuuur*

  8. lanjooott!!

  9. #RajaSurga : Anjrit beneran euy!! *bukmark*

  10. Bi, itu poto siapa?

  11. #Gilang, Thx for the tip

  12. #Jesie : Gak tau, nemu di folder stok foto guwa 😀

  13. ah, penipuh..

  14. modelnya gak warhol!! sayah gak setujuh!!

  15. #anakpanda : yeee..salah sendiri, kemaren guwa dah mo pake foto loe loe ribut pengen liat dulu, ntar kalo loe gak suka, guwa musti ulang2 lagi bikinnya….*lumpat*

  16. kereeeen ..
    tutorial rusak wajahnya iraha bi ?

  17. […] 21st, 2007 Inspired from Abi blog regarding Andy Warhol look-alike, i found this entertaining web […]

  18. mao dong! mao dong!mao dong! *lumpat2*

  19. kak abiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

  20. Oh, ternyata Abi Warhol Ara…

  21. Wanjrit!!

  22. &#*&^$#*&^#^#
    ntar tutorial bikin frame gue bantuin deh yak… hahahha… gue lagi mastering in frame. huhuhu.. .

  23. asal jangan ada foto abg pake seatbelt kepalanya bengkok ke kiri saja dikaliin 4 gara2 tutorial inih!

  24. abi memang kereeeennnnnn…….

  25. oke juga! tapi kurang garang. coba pake efek yang lain dong.

  26. keren,,tp masih ada yg blm ngerti

  27. keren,,udah nyoba tp hasilnya blm bagus amad,,amir yg bagus,,heheh

  28. mikum

  29. siiiippp…..bosss, lanjuutt… 🙂

  30. shiplahhhhhhhhhhhhhhhhhhhh pemgin nyoba nihhhhhhhhhhhhhhh

  31. sungguh mulya jasa anda, surga akan menyambut anda..
    membuat org awam/ saya jd lebih banyak “tahu”
    tank’s..
    saya tunggu tutor berikutnya 🙂

  32. thanks ya… Q emang g bs soal photoshop tp pengen banget belajar, ya biar gak kuper gitu,maklum orang desa,hehe.. so… pas baca tutorialnya seneng bangeeeeettt… Q tunggu tutorial selanjutnya ya…

  33. […] Warholize your Photo! […]

  34. enaknya maen ke rumah aja, jadikan aku muridmu…

  35. COOL….go girl…

  36. hy

  37. Numpang lewat…….. bagus nich…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: